USM STAN

Ujian Seleksi Masuk (USM) merupakan satu-satunya jalur dan proses untuk menjadi mahasiswa baru PKN STAN. Tidak ada jalur lain selain USM. Semua rangkaian dalam prosesnya dijalankan secara transparan tanpa ada campur tangan pihak tertentu. Tidak ada yang namanya uang pelici untuk memuluskan masuk PKN STAN. Semuanya ditentukan berdasarkan nilai hasil tes.

Proses USM PKN STAN terdiri dari beberapa tahapan. Pertama didahului oleh tes tertulis yang terdiri dari soal TKPA dan Tes Bahasa Inggris. Selanjutnya akan diikuti oleh tes fisik dan kesehatan. Terakhir biasanya akan diikuti oleh wawancara.

Untuk mengikuti Ujian Seleksi Masuk PKN STAN harus mendaftarkan diri menjadi calon peserta tes. Untuk pendaftarannya terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh setiap setiap orang. Semua syaratnya harus dipenuhi dan tidak ada toleransi bagi yang tidak memenuhi salah satu syarat.

PERSYARATAN STAN

  1. Lulusan semua sekolah menengah atas atau sederajat dengan usia maksimal 20 (dua puluh tahun) per tanggal 1 September untuk tahun berjalan.
  2. Untuk lulusan SMA atau sederajat tahun lalu (beberapa tahun lalu namun usia belum 20 tahun) minimal 70,00 untuk skala 00,00 sampai 100. Sedangkan untuk pelajar SMA yang masih kelas 12, memiliki nilai untuk kelompok pengetahuan 70,00 untuk skala maksimal 100 atau 2,80 untuk skala 1,00-4,00.
  3. Berbadan sehat dan bebas dari napza (narkoba, psikotropika, dan zat adiktif lainnya).
  4. Belum menikah dan bersedia untuk tidak menikah seiama mengikuti pendidikan.
  5. Khusus program studi kepabeanan dan cukai ditambahkan persyaratan sebagai berikut:
  • Jenis kelamin dan tinggi badan: untuk diploma satu laki-laki minimal 165 cm dan perempuan 155 cm. Untuk diploma tiga hanya laki-laki dengan tinggi minimal 165 cm’
  • Tidak Cacat Badan
  • Tidak Buta Warna
  • Untuk pengguna kacamata/lensa kontak minus (rabun jauh) dan/atau plus (rabun dekat) dan/atau silindris dapat diberikan toleransi maksimal sampai ukuran 2 dioptri.
  1. Menyetor biaya pendaftaran Ujian Saringan Masuk (USM) sebesar Rp 250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah) dan biaya yang dikeluarkan akibat transaksi pembayaran tersebut ditanggung oleh pendaftar.

TATA CARA PENDAFTARAN

  1. Tahapan pendaftaran meliputi:
  • Registrasi melalui Kementerian PAN-RB
  • Pengisiari formulir pendaftaran online (e-registration)
  • Penyetoran biaya pendaftaran
  • Verifikasi berkas dan pengambilan Bukti Peserta Ujian (BPU)
  1. Fengisian formulir pendaftaran online (e-registration) melalui situs http://www.usm.stan. ac.id
  2. Calon peserta yang telah melakukan pengisian fornnulir pendaftaran online (e-registration) akan mendapatkan kode MVA (Mandiri Virtual Account)
  3. Calon peserta melakukan pembayaran dengan ketentuan sebagai berikut:
  • Periode pembayaran sesuai dengan pengumuman
  • Pembayaran dilakukan melalui Bank Mandiri, dengan cara setoran tunai, ATM, m-banking, atau internet banking (perhatikan tata cara pembayaran pada http://www.usm.stan. ac.id) dengan rnenggunakan MVA
  • Sebelum melakukan pembayaran, calon peserta harus memastikan dirinya telah memenuhi seluruh persyaratan sebagaimana tercantum dalam butir A, dan uang yang telah disetor tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun.
  • Calon pesertayangtelah melakukan pengisianformulirpendaftaran online (e-reEistrotion) dan telah melakukan pembayaran di bank pada periode penyetoran, berhak mengikuti verifikasi berkas dan pengambilan BPU.
  • Pengumuman jadwal verifikasi berkas dan pengambilan BPU bagi calon peserta ujian dapat dilihat melalui situs http://www.kemenkeu.go.id. http://bppk.kemenkeu.go.id dan http://pknstan.ac.id)

DAPATKAN VIDEO PEMBAHASAN SOAL PKN STAN LENGKAP